SERUNYA NGGAK KEULANG

Interaksi Penghuni Kampus

Bagaimana perasaan lu saat ini?

Ini yang Perlu Kamu Lakukan Saat Ingin Memulai Bisnis

Tekad, keberanian dan ketekunan akan menghasilkan kesuksesan.

LINE it!
Ini yang Perlu Kamu Lakukan Saat Ingin Memulai Bisnis
Penghuni Kampus, selesai kuliah, mau jadi apa nih dengan titel yang kalian punya? Pengen kerja di kantor dengan penghasilan tetap dan pasti?

Kerja sebagai officer memang sangat menjamin. Bahkan sebagian perusahaan besar sudah ada yang menanggung beban pokok karyawannya, seperti jaminan kesehatan, biaya pendidikan anak untuk karyawan yang sudah berkeluarga, sampai kebutuhan sekunder seperti liburan, dan lainnya.

Tapi mencari pekerjaan saat ini sangat sulit karena masuknya pasar internasional ke Indonesia. Beberapa perusahaan kewalahan menghadapinya dan berujung gulung tikar, yang mengakibatkan Pemutusan Hubungan Kerja untuk karyawan. Karyawan pun harus memutar otak mencari jalan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Nah, buat Penghuni Kampus yang mau jadi officer, kayaknya juga harus membuka usaha sendiri  nih. Selain mendapatkan uang tambahan, membuka usaha sendiri juga dapat dijadikan simpanan masa depan setelah kita pensiun dari pekerjaan sekarang.
Apa aja sih yang perlu dilakukan saat membuat usaha baru?

Tentukan ide usaha
Sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan minat, kemampuan atau bakat yang kita miliki, sehingga kita selalu mengembangkan bisnis yang dimiliki dengan perasaan senang tanpa jenuh. Banyak lho, pengusaha sukses karena memilih bidang usaha yang mereka sukai. Tengok saja Arie Setya Yudha. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada ini hobi bermain airsoft gun. Arie sadar bahwa perlu banyak biaya untuk hobinya terutama peralatan. Akhirnya Arie menciptakan pakaian untuk hobinya tersebut. Pakaian yang sudah jadi tersebut dijual melalui internet. Di luar dugaan ternyata responnya  luar biasa dan dilirik oleh pasar domestik, di antaranya Polri, TNI-AL, dan Batalyon Intai Amfibi Marinir.

Penghuni Kampus juga bisa mencoba membuka usaha yang belum ada atau masih jarang di pasaran. Jadi, usahamu terkesan unik dan menarik perhatian konsumen!

Siapkan modal
Penghuni Kampus nggak perlu risau jika tidak memiliki modal. Dengan modal kecil, Penghuni Kampus bisa lho, membuka usaha sendiri. Banyak usaha yang bisa dimulai dengan modal awal 1-5 juta rupiah. Bahkan, saat Arie memulai bisnisnya, ia hanya bermodalkan 180 ribu rupiah untuk membeli kain dan menjahitnya. Kini, ia mendirikan PT Molay Satrya Indonesia, Perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan, desain, dan pembuatan perlengkapan taktis. Bisnisnya tersebut telah merambah ke berbagai negara seperti AS, Kanada, Austria, Vietnam, jerman, Italia dan Arab.

Jika masih kesulitan, ajaklah saudara atau teman untuk berbisnis bersama. Usahakan tidak meminjam ke bank dahulu, sebab di awal usaha, apalagi jika usahanya belum terlalu besar, akan riskan jika sudah terbebani utang.

Action
Penghuni Kampus harus yakin dan tekun nih, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang. Di awal memang perlu kerja keras, tapi saat kita menoleh ke belakang, kita bisa tertawa puas!

Perluas Jaringan
Sebelum memulai usaha, coba bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha deh Penghuni Kampus!Jadi, saat mulai memasarkan produk atau jasa yang kita tawarkan, telah memiliki jaringan yang luas.

Cari pelanggan
Pasang iklan di baliho? Cetak spanduk? Nyebarin brosur? Hmm, banyak banget pengeluarannya, Penghuni Kampus! Saatnya media sosial nggak sekadar tempat kita cuap-cuap nih! Kita bisa memasang iklan sendiri di akun media sosial, atau broadcasting di layanan pesan. Ada yang gratis, kenapa harus bayar? Bahkan, media sosial lebih efektif dan terukur. Misalnya, lewat Instagram, kita langsung bisa mengetahui berapa orang yang tertarik dengan produk kita lewat jumlah likes di foto produk kita.

Pokoknya, berani deh menjadikan mimpi kita menjadi ide bisnis yang nyata! Setiap kegagalan bakal memberikan pelajaran berharga bagi langkah bisnis kita.

Jadi, gimana Penghuni Kampus? Masih pengen kerja di bawah bos, atau pengen jadi bos?


*Penulis adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Pancasila / Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia.

Editor: Shelma Aisya
Publish: 09 Desember 2015
Sumber : Sinar Harapan
Penulis/ Editor : Mona Sari Pratama/Whiwdon Jagad Uki*

4628 Tayang