SERUNYA NGGAK KEULANG

Interaksi Penghuni Kampus

Bagaimana perasaan lu saat ini?

Penyemangatku, yang Bikin Aku Sehat

Menyulap rempah Indonesia jadi kamu, -eh, jamu.

LINE it!
Penyemangatku, yang Bikin Aku Sehat
Sebagai Penghuni Kampus yang punya aktivitas seabrek pasti sering banget dihampiri lelah, pegal-pegal, dan badan berasa kayak abis ditimpa Godzilla. Kalau udah lelah, bawaannya pasti cuma pingin istirahat dan nggak mau ke mana-mana. Tapi gimana kalau kamu belum berjodoh dengan waktu istirahat? Pilihannya ya mengkonsumsi obat-obatan kimia. Meski bakal sehat lebih cepet, jangan sampai kebiasaan mengonsumsi obat-obatan kimia ya, Penghuni Kampus.

Untungnya, kita tinggal di Indonesia yang sumber daya alamnya melimpah banget, salah satunya rempah-rempah. Bahkan rempah-rempah tersebut sudah membuat berbagai negara dari penjuru dunia datang dan singgah untuk menikmati sekaligus menguasai rempah kita beberapa abad yang lalu.

Rempah-rempah selain bisa dijadikan bahan penyedap makanan, ternyata juga punya manfaat untuk kesehatan tubuh loh. Nah, jamu adalah salah satu minuman yang bahan bakunya berasal dari rempah-rempah dan punya segudang manfaat positif buat tubuh kita, Penghuni Kampus. 

Nyeri haid? Kunyit asam jawabannya!
Buat cewek-cewek yang tiap bulan merasakan kesakitan luar biasa saat haid, mulai habis baca artikel ini, coba deh konsumsi kunyit asam. Kunyit Asam dipercaya dapat mengurangi nyeri haid nih, Penghuni Kampus. Kunyit asam mengandung kurkuminoid yang antara lain berfungsi sebagai analgetik atau penghilang rasa nyeri. Kunyit asam juga dapat memperlancar peredaran darah kita, lho.

Jaga daya tahan dengan temulawak
Kalau badan lelah sedikit langsung drop, mungkin yang jadi penyebabnya adalah daya tahan tubuh kamu bermasalah. Konsumsi saja secara rutin jamu temulawak dua kali dalam seminggu. Jamu ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu, Penghuni Kampus. Nah, sibuk jadwal kuliah jadi nggak terlalu masalah deh sekarang.

Sambiloto, si pahit yang bikin bebas jerawat
Di balik rasanya yang pahit dan bikin agak males nyicip, jamu sambiloto punya banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh kita nih. Apalagi buat aktivis-aktivis kampus yang sering aksi di luar, hamparan polusi bakal bikin wajah kamu dihampiri jerawat. Sambiloto dapat membersihkan dan memperlancar aliran darah. Hal tersebut memungkinkan jerawat bakal ogah mampir lagi ke wajah kamu.

Itu dia beberapa jenis jamu dan manfaat yang bisa kamu temui didalamnya. Masih ragu konsumsi jamu? Jangaaan! Pahitnya sehat untuk kita!


Penulis adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Editor: Shelma Aisya
Publish: 08 Desember 2015
Sumber : Sinar Harapan
Penulis/ Editor : Putri Permata Nurmaningsih*

4160 Tayang