SERUNYA NGGAK KEULANG

Interaksi Penghuni Kampus

Bagaimana perasaan lu saat ini?

Ini Dia yang Bisa Membuatmu Tetap “Action”

Biar terus bisa “move on”, penuh semangat

LINE it!
Ini Dia yang Bisa Membuatmu Tetap “Action”
Masa muda masanya bergerak, “action”. Jiwa muda, penuh ambisi dan gairah untuk hidup, nggak seharusnya disia-siakan. Waktu, tenaga, dan kesempatan, harus dikembangkan. Peluang, jika datang saat itu juga, jangan dibuang. 
Dunia kampus, dunia mahasiswa, sudah seharusnya dinikmati, penuh percaya diri dan jangan mudah rapuh. Berikut ini lima hal yang wajib dimiliki Penghuni Kampus, biar terus bisa “move on”, penuh semangat, dan tak mudah gentar kalau tertampar tantangan yang berat, bahkan mungkin, menyakitkan.

1. Pede Aja!
Percaya diri itu penting. Banyak orang bilang, “Pede aja lagi!” Ragu-ragu bahkan minder, nggak akan membantumu bergerak, berbuat yang terbaik. Mudah kok untuk bisa punya rasa pede. Yakin aja kalau kamu punya kemampuan, punya kecerdasan, bakat, hobi, dan kegiatan yang positif. 
Sadari kalau kemampuan diri itu udah ada di dalam diri kamu dan kembangkan. Kalau sudah pede, jangan ragu untuk berkarya; karya apa aja yang penting positif dan membuatmu punya energi untuk mengisi waktu di dunia kampusmu.

2. Kreatif!
Para Penghuni Kampus tentu ngerti, apa pun yang kamu miliki, adalah buah dari kreativitas. Hp, laptop, buku, atau tas yang kamu miliki, itu karya kreatif. Begitu juga dengan lagu-lagu yang kamu dengerin atau film yang suka kamu tonton, itu juga karya kreatif. Asyik, kan, kalau kita bisa menghasilkan karya kreatif? 
Dunia nggak terasa sepi dan hidup juga nggak monoton. Jadi, kreatiflah selagi muda, bikin hal yang sebelumnya terasa nggak mungkin menjadi mungkin. Pasti seru!

3. Jangan mudah bengong!
Nah, ini yang perlu Penghuni Kampus waspadai. Jangan mudah bengong. Awas, tuh, setan mau lewat! Orang-orang yang mudah bengong, bisa mudah ikut lho hehehe… Mendingan sibukkan dirimu daripada bengong nggak ada kerjaan. 
Kamu bisa nulis, setidaknya tulis status di media sosial, atau tulis cerita pendek tentang pengalamanmu sehari-hari. Itu lebih baik dan positif. Orang yang mudah bengong, sulit bergerak, berat untuk “action”. Sayang, kan, masa muda hanya diisi dengan bengong lagi, bengong lagi… Nggak deh.  

4. Jangan banyak omong, buktikan!
Mungkin ini kebalikan dari mudah bengong itu. Kebanyakan omong. Itu juga nggak baik. Para Penghuni Kampus perlu buktikan kalau omongan selaras dengan tindakan; buktikan aja. 
Kalau lagi punya ide dan bisa dikembangkan, jangan hanya diomongkan, apalagi kebanyakan omong. Ide bisa hilang. Buktikan kalau kamu bisa mewujudkan ide itu dalam karya nyata; kreatif. Bukankah begitu?

5. Cinta
Hmmm… cinta. Katanya sih sulit diungkapkan dengan kata-kata, tapi mudah dirasakan. Memang asyik kan kalau obrolin soal cinta. Milikilah cinta, hidupmu akan berwarna. 
Tanpa cinta, kamu juga nggak akan bisa “bergerak”, berkarya, menyerap makna kuliah atau ujian-ujian yang harus kamu jalani. Kreativitas tanpa cinta pun nggak akan terasa kena di hati. Begitu, kan? Sudahkah kamu merasakan cinta untuk hari ini? 

Editor: Erha A Ramadhoni

Publish: 02 Juli 2015
Sumber : Sinar Harapan
Penulis/ Editor : Teodora Nirmala Fau

2093 Tayang